بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ
ٱلرَّحِيمِ
HUKUM-HUKUM
ISLAM
س
|
كم
احكام الاسلام ؟
Berapakah hokum-hukum Islam ?
|
ج
|
احكامه
خمسة الفرض والسنة والمباح والحرام والمكروه
Hukum-hukum
Islam ada lima yaitu Fardu, sunnah, mubah, haram, dan makruh
|
س
|
ما
المفرض ؟
Apa yang
dimaksud Fardu ?
|
ج
|
هو
الواجب فعله فاذا فعله المكلف ينال ثزابا واذا تركه ينال عقابا
Ialah perkara
yang wajib dilakukan maka ketika mukallaf melakukannya niscaya ia mendapat
pahala dan jika ia meninggalkannya niscaya mendapat siksa
|
س
|
كم
نوعا الفرض ؟
Ada berapa
macamkah fardu itu ?
|
ج
|
نوعان
فرض عين وفرض كفاية
Ada dua macam
yaitu fardu ‘ain dan fardu kifayah
|
س
|
ما
الفرض العيني ؟
Apakah yang
dimaksud fardu ‘ain ?
|
ج
|
هو
الواجب فعله على كل مكلف كالصلاة و الصيام
Ialah perkara
yang wajib dikerjakan atas setiap mukallaf (baligh dan berakal) seperti salat
dan puasa
|
س
|
ما
الفرض الكفائي ؟
Apakah yang
dimaksud fardu kifayah ?
|
ج
|
هو
الواجب فعله على جميع المكلفين واذا فعله واحد سقظ عن الباقين كصلاة الجنازة
Ialah perkara
yang wajib dekerjakan atas semua mukallaf, yang apabila hanya ada satu orang
yang mengerjakannya maka gugur kewajiban bagi yang lainnya seperti salat
janazah
|
س
|
ما
السنة ؟
Apakah yang
dimaksud sunnah ?
|
ج
|
هي
الامر المستحب فعله فمن فعله ينال ثوابا ومن تركه لا ينال عقابا
Ialah perkara
yang disunnahkan mengerjakannya maka seseorang yang melakukannya ia mendapat
pahala dan bagi yang meninggalkannya maka ia tidak mendapat siksa atau dosa
|
س
|
ما
المباح ؟
Apa yang
dimaksud mubah ?
|
ج
|
هو
الذي يجوز للانسان فعله وتركه فلا ثواب فيه ولا عقاب
Mubah ialah
perkara yang diperbolehkan bagi manusia untuk mengerjakan atau
meninggalkannya tiada pahala dan dosa padanya
|
س
|
ما
الحرام ؟
Apakah yang
dimaksud haram ?
|
ج
|
هو
الواجب تركه فمن فعله ينال عقابا ومن تركه ينال ثوابا كشرب الخمر
Ialah perkara
yang wajib untuk meninggalkannya, bagi seseorang yanag mengerjakannya maka ia
mendapat siksa dan seseorang yang meninggalkannya maka ia mendapat pahala
seperti minum arak
|
س
|
ما
مكروه ؟
Apa yang
dimaksud makruh ?
|
ج
|
هو
المستحب تركه فمن تركه ينال ثوابا ومن فعله لا ينال عقابا
Ialah perkara
yang disunnahkan untuk meninggalkannya, seseorang yang meninggalkannya maka
ia mendapat pahala dan seseorang yang mengerjakannya maka ia tidak mendapat
siksa/dosa
|
الطهارة
Bersuci
س
|
ما
الطهارة ؟
Apa yang dimaksud bersuci ?
|
ج
|
هي
فعل ما لا تصح الصلاة الا به كازالة النجاسة والاستنجاء والوضوء والغسل والتيمم
Ialah
mengerjakan sesuatu yang salat tidak akan sah kecuali dengannya seperti
menghilangkan najis, cebok, berwudhu, mandi, dan tayamum
|
س
|
ما
وسائل الطهارة ؟
Apa alat yang
menjadi perantara untuk bersuci ?
|
ج
|
الماء
والتراب والحجر والدبغ (والصابون)
Yaitu air,
debu, batu, dan menyamak (sabun)
|
س
|
ما
الذي يجوز به التطهير ؟
Apa sajakah
yang diperbolehkan untuk berseci ?
|
ج
|
هو
كل ما نزل من السماء او نبع من الارض ولم يكن متنجسا ولا مستعملا
Ialah setiap
yang turun dari langit atau bersumber dari bumi sedang keduanya tidak terkena
najis dan telah digunakan
|
س
|
ما
المتنجس ؟
Apa yang
dimaksud dengan mutanajjis ?
|
ج
|
هو
الماء القليل الذي وقعت فيه نجاسة
Ialah air
yang sedikit yang tercemar oleh najis di dalamnya
|
س
|
ما
الماء المستعمل ؟
Apa yang
dimaksud dengan air musta’mal ?
|
ج
|
هو
الماء القليل المستعمل في رفع حدث او ازالة نجس
Ialah air
sedikit yang telah terpakai untuk menghilangkan najis atau hadats
|
س
|
ما
الماء القليل ؟
Apa yang
dimaksud dengan air sedikit ?
|
ج
|
هو
مادون القلتين
Ialah air
yang kurang dari dua qulah
|
س
|
ما
الماء الكثير ؟
Apa yang
dimaksud dengan air banyak ?
|
ج
|
هو
ما بلغ قلتين فأكثر
Ialah air
yang volumenya mencapai dua qulah atau lebih
|
س
|
ما
القلتان ؟
Apa yang
dimaksud dua qulah itu ?
|
ج
|
القلتان
عبارة عن (148) اقة تقريبا او مقدار ما تسعه بركة ماء مربعة طولها ذراع وربع
ذراع وعرضها وعمقها كذلك
Dua qulah
ialah terkandung dalam 148 uqqoh dalam ukuran yang mendekati atau perkiraan
sebuah bak mandi yang memuat volume air dengan ukuran persegi empat yang
panjangnya itu satu seperempat dzira (hasta perkiraan 65 cm ) sedang luas dan
dalamnya juga seperti demikian.
|
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan ...